Mudah, Begini Cara Backup dan Restore Data Whatsapp di Google Drive

Gambar : Tribunnews.com

Tahukah kamu bahwa melakukan backup serta restore semua data di Whatsapp itu sangat mudah dan praktis lho. Bahkan semua data bisa dicadangkan, mulai dari riwayat chat, file dokumen, kiriman foto bahkan juga kiriman video. Semua bisa dicadangkan dengan mudah di google drive.

Walau terbilang sangat mudah, kenyataannya belum banyak pengguna yang memanfaatkan fitur canggih ini. Bisa jadi memang karena belum tahu. Nah, kamu sudah tahu atau belum?

Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi akan kehilangan data ketika terjadi terjadi sesuatu dengan smartphone atau aplikasi whatsapp kamu. 

Nah, untuk bisa melakukan pencadangan di google drive ini, tentunya kamu harus memiliki akun Google yang masih aktif dan tersambung dengan perangkat android milikmu. Kamu juga perlu memastikan layanan Google Drivenya aktif serta masih terdapat ruang penyimpanan yang cukup lega.

Satu hal lagi yang cukup penting agar aktivitas backup dan restore ini berjalan dengan lancar adalah kamu harus punya internet dengan koneksi yang stabil.

Lalu, bagaimana caranya?

Cara Backup Data Whatsapp di Google Drive

Dengan adanya fitur backup ini, maka kamu tidak perlu takut lagi akan kehilangan data-data penting. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti;

  1. Silahkan buka aplikasi Whatsapp yang terinstal.
  2. Lihat menu ikon titik tiga yang ada di bagian atas layar, klik saja lalu pilihlah menu “Pengaturan”
  3. Scrol hingga kamu menemukan menu “Chat (Obrolan)”, lalu klik saja “Chat backup (cadangan obrolan)”, lalu klik tombol “Cadangkan ke Google Drive”.
  4. Lalu pilih frekuensi pencadangan sesuai dengan kebutuhan.
  5. Lalu pilih akun Google yang akan digunakan untuk menyimpan cadangan tersebut.
  6. Setelah itu, kamu tinggal klik saja tombol “Backup”.
  7. Otomatis proses pencadangan akan berlangsung, kamu hanya tinggal menunggu proses tersebut selesai dan mencapai 100%.
  8. Proses backup sudah selesai.

Cukup mudah bukan? Agar setiap data yang kamu miliki bisa terbackup semua, kamu bisa mengatur frekuensi pencadangan harian. Namun, tentu saja ini juga akan berpengaruh terhadap ruang penyimpanan yang tersedia.

Cara Restore Data Whatsapp dari Google Drive

Jika terjadi sesuatu pada aplikasi atau smartphone yang mengharuskan kamu menginstal ulang Whatsapp, kamu bisa merestore data yang sebelumnya sudha kamu backup ke dalam Google Drive. Berikut ini langkah-langkahnya;

  1. Instal dulu aplikasi Whatsapp ke smartphone.
  2. Pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat android kamu sudah terhubung dengan akun Google Drive tempat menyimpan data backup sebelumnya
  3. Masuk ke dalam aplikasi, lalu lakukan verifikasi nomor
  4. Setelah itu akan muncul opsi “Restore”, klik saja untuk memulihkan data yang sudah dicadangkan sebelumnya.
  5. Tunggulah prosesnya beberapa saat hingga selesai. Setelah itu klik “Next”, maka kamu akan masuk ke tampilan chat yang juga berarti proses restore data sudah selesai dilakukan. Semua riwayat chatting sebelumnya juga akan muncul semua.

Simpel sekali bukan? Fitur ini sangat berguna sekali. Terlebih jika kamu memiliki data-data penting di dalamnya.

Semoga informasi terkait cara backup dan restore data Whatsapp di Google Drive bisa menjadi tambahan pengetahuan serta menjadi solusi bagi kamu yang belum mengetahui informasi ini sebelumnya. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Mudah, Begini Cara Backup dan Restore Data Whatsapp di Google Drive"