Cara Setting Penyimpanan Aplikasi Otomatis ke SD Card Realme

Kamu sering mengalami masalah dengan penyimpanan memori internal android yang terasa cepat penuh? Masalah Ini tak hanya ditemukan para pengguna HP Realme saja, namun pengguna android merk lain pun, pastinya juga mengalami hal sama, misal pengguna Samsung, Redmi, OPPO, dan juga merek yang lainnya.

Sebesar apapun memori yang dimiliki, pastinya akan habis juga termakan oleh penggunaan berbagai macam aplikasi yang semuanya tersimpan otomatis di dalam memori internal, misal aplikasi WhatsApp, Google Drive, Facebook, Instagram, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, kamu harus tahu cara setting penyimpanan otomatis aplikasi ke SD Card agar memori penyimpanan internal hp bisa tetap lega. Dengan mengetahui cara ini, kamu bisa menghindari terjadinya memori internal yang tiba-tiba mendadak habis, karena saking banyaknya aplikasi serta tambahan memori ketika terjadi auto update.

Selain aplikasi, ada juga banyak file-file lain seperti foto, video, dokumen atau file lainnya yang pastinya akan membuat internal hp semakin cepat penuh, terlebih lagi jika file-file tersebut memiliki ukuran yang cukup besar.

Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan memindahkan berbagai macam data atau aplikasi tersebut ke SD Card dengan settingan otomatis.

Lalu bagaimana caranya?

Cara Setting Memindahkan Aplikasi ke SD Card 

Biasanya untuk memindahkan aplikasi dari internal ke SD Card, dibutuhkan ponsel yang sudah di ROOT. Akan tetapi, untuk membuka akses ROOT ini tentunya membutuhkan pengorbanan yang lebih banyak. Salah satunya adalah harus kehilangan status garansi resmi dari vendor.

Tenang, kamu tidak perlu gelisah. Sebab, masih ada cara lain yang bisa kamu tempuh untuk memindahkan aplikasi ke SD Card tanpa harus melakukan ROOT terlebih dahulu. Sebenarnya ada beberapa cara yang kamu jadikan alternatif. Bahkan, bisa dibilang, caranya sangat mudah sekali.

Setidaknya ada tiga pilihan cara yang bisa kamu lakukan. Apa saja itu? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Setting Penyimpanan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Fitur Bawaan

Ternyata masih banyak juga para pengguna ponsel Realme yang tidak mengetahui bahwa ponsel pintar mereka sudah dilengkapi dengan fitur bawaan untuk memindahkan settingan penyimpanan aplikasi ke Micro SD.

Cara settingnya pun tergolong sangat mudah, kamu hanya perlu mengakses menu penyimpanan USB yang ada di dalam menu pengaturan. Detailnya kayak apa sih? Coba ikuti saja langkah di bawah ini.

  1. Masukkan ke menu Setting atau Pengaturan
  2. Pilihlah menu Kelola Aplikasi atau menu Penyimpanan dan USB
  3. Setelah itu kamu bisa memilih aplikasi apa saja yang hendak kamu pindahkan ke Micro SD
  4. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan, pilih saja opsi untuk memindahkan penyimpanan ke SD Card
  5. Tunggu saja prosesnya sampai selesai, semakin besar ukuran filenya, maka proses juga semakin lama
  6. Setelah itu, maka secara otomatis aplikasi yang telah terpilih akan berpindah ke SD Card
  7. Selesai. Mudah banget bukan?

Dengan settingan ini, maka internal memori hp tidak akan cepat habis. Jika memori internal lebih lega, biasanya performa ponsel juga akan terasa lebih ringan.

Setting Penyimpanan Aplikasi ke SD Card Menggunakan File Manager

Alternatif kedua, kamu bisa menggunakan menu File Manager yang sudah tersedia secara default di HP Realme. Dengan adanya menu ini, kamu bisa memindahkan file data serta aplikasi ke SD Card dengan lebih mudah.

Bagaimana langkah-langkahnya? Simak step-stepnya di bawah ini

  1. Carilah aplikasi File Manager
  2. Lalu pilih menu Penyimpanan Internal
  3. Setelah itu, kamu bisa memilih aplikasi apa saja yang ingin kamu pindahkan
  4. Jika sudah fix, kamu bisa menandai beberapa aplikasi yang hendak dipindah tersebut
  5. Lalu, lanjutkan dengan memilih tanda titik 3 vertikal
  6. Pilihlah opsi pindahkan
  7. Lalu pilih tujuan, yaitu SD Card sebagai tujuan penyimpanan yang baru
  8. Selesai

Dengan cara yang mudah ini, kamu bisa menghemat banyak sekali penyimpanan internal, sehingga tidak ada lagi kejadian tiba-tiba memori mendadak habis.

Setting Penyimpanan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Aplikasi AppMgr III

Apabila ternyata ponsel Realme kamu tidak memungkinkan memakai dua cara di atas, karena ada sesuatu hal, kamu masih bisa menggunakan alternatif yang ketiga. Yaitu dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Yang kamu butuhkan adalah aplikasi App Manager. Seperti namanya, fungsi dari aplikasi ini memanglah untuk membantumu memindahkan file atau aplikasi dari memori internal ke Micro SD.

Langsung saja ke langkah-langkahnya berikut ini,

  1. Pertama, kamu harus mendownload dulu aplikasi AppMgr III dari Play Store
  2. Bukalah aplikasi tersebut, lalu berikan akses izin ke ponsel
  3. Setelah itu, klik lanjutkan saja
  4. Di sini, kamu akan diberikan kebebasan untuk memilih aplikasi apa saja yang hendak kamu pindahkan ke SD Card
  5. Setelah selesai menentukan, pilih saja opsi Pindahkan Apl.
  6. Lalu lanjutkan dengan memberi centang pada semua aplikasi yang terpilih
  7. Kemudian, centang sekali lagi pada opsi Enable Accessibility
  8. Lalu, klik icon play
  9. Aktifkan juga App Function, lalu tunggu saja sampai proses pemindahan selesai.
  10. Selesai

Alternatif ketiga ini memang memerlukan langkah yang sedikit lebih panjang. Akan tetapi ini bisa menjadi alternatif terakhir jika kedua cara yang lain dirasa kurang maksimal.

Itulah tiga cara yang kami anggap cukup efektif untuk melakukan setting penyimpanan aplikasi otomatis ke SD Card tanpa harus melakukan ROOT ponsel terlebih dahulu.

Ketika aplikasi sudah dipindahkan menuju Micro SD, maka ketika Micro SD tersebut lepas dari ponsel, otomatis semua data atau aplikasi akan menghilang. Namun, jika kartu SD Card kembali dipasang, semua data dan aplikasi akan kembali muncul.

Catatan Khusus
Jika kamu hendak memindahkan game yang format file OBB, maka kamu harus membuat folder tambahan terlebih dahulu di dalam folder android.

Nah, dari tiga cara di atas, cara mana yang menurutmu paling mudah dan simpel? 



Posting Komentar untuk "Cara Setting Penyimpanan Aplikasi Otomatis ke SD Card Realme"