Simpel, Begini Cara Menyimpan Slide PPT di Canva Agar Tampilan Tidak Berubah

Simpel, Begini Cara Menyimpan Slide PPT di Canva Agar Tampilan Tidak Berubah

Sudah tahukah kamu bahwa slide presentasi yang kamu buat dari aplikasi Canva, ternyata bisa diubah formatnya jadi slide PPT lho! Cuma, masalahnya setelah di ubah formatnya jadi PPT, terkadang ada perubahan di sana-sana yang membuat file PPT itu menjadi “rusak”.

Tenang, ada solusinya kok agar file presentasi dari Canva saat diubah menjadi format PPT, tidak akan berubah. Ini trik simpel banget deh. Tidak ribet. Baca artikel ini sampai selesai ya.

O ya, ngomong-ngomong soal Canva, memang ini aplikasi yang sangat powerfull sekali. Aplikasi yang menjadi idaman hampir semua orang, mulai dari guru, karyawan, internet marketer, pengusaha, content creator, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Keren, Inilah 8 Fitur AI Canva yang Bantu Buat Desain Jadi Makin Gampang, Sudah Coba?

Pasalnya, aplikasi Canva ini sangat membantu sekali bagi para penggunanya untuk bisa menghasilkan desain yang ciamik, tanpa harus jago desain. Bahkan seorang pemula pun, bisa menghasilkan desain yang keren dengan bantuan aplikasi Canva ini, salah satunya adalah desain slide presentasi.

Jika dulu kita harus menggunakan Microsoft PowerPoint untuk membuat slide presentasi, maka kini semua sudah berubah. Jauh lebih praktis menggunakan Canva, karena selain mudah, ada banyak sekali template yang siap edit dengan tampilan yang sangat keren, apalagi ketika kamu punya akun canva pro, template makin banyak aja.

Aplikasi Canva ini memang menjadi aplikasi favorit para guru untuk membantu membuat slide presentasi yang lebih efektif dari waktu dan juga desain. Namun, sayangnya masih banyak guru yang kebingungan ketika akan memindahkan slide hasil Canva untuk dijadikan file format PPT agar bisa dipresentasikan secara offline di kelas.

Nah, disinilah solusi yang sedang dicari oleh para guru tersebut, mungkin juga termasuk kamu. Dengan cara yang simpel ini, kamu tidak perlu khawatir lagi slide presentasi dari Canva akan rusak saat diubah formatnya menjadi format PPT. 

Cara Menyimpan Slide Presentasi Canva dalam Bentuk Format PowerPoint atau PPT

Kenapa harus disimpan dalam bentuk PPT? Kan bisa langsung dipresentasikan via web Canva? Sebab, tidak semua guru bisa memiliki kondisi internet yang sama. Ada yang susah sinyal, ada yang tidak begitu familiar, dan lain-lain. Makanya perlu diubah jadi format PPT, agar bisa dipresentasikan dimana saja, kapan saja dalam keadaan offline, tanpa sambungan internet.

Lalu, bagaimana langkah-langkahnya? Yuk kita simak step by stepnya di bawah ini.

  1. Kamu buat dulu slide presentasinya hingga selesai. Ada banyak pilihan template yang bisa kamu edit sendiri.
  2. Setelah slide presentasinya selesai, kamu bisa mengunduh file tersebut dengan cara, klik tanda titik tiga yang ada di pojok kanan atas, biasanya di samping tombol “Unduh” atau “Download”.
  3. Ada banyak pilihan menu dan format di situ. Kamu scroll atau cari aja ikon yang memiliki logo dan tulisan Microsoft PowerPoint, klik aja jika sudah ketemu.
  4. Sebelum mendownload, kamu juga bisa memilih, sile mana saja yang ingin kamu download atau semua slide secara keseluruhan. Jika sudah fix, langsung klik download saja.
  5. Setelah itu, akan muncul proses download atau proses unduhan file di bagian kiri bawah laptop atau komputer kamu. Tunggu prosesnya sampai selesai, maka otomatis file tersebut akan tersimpan dalam bentuk format PPT.
  6. Selesai, simpel sekali bukan.

Sangat mudah sekali bukan? Itulah cara menyimpan slide PPT di Canva agar tampilan tidak berubah saat digunakan dalam presentasi offline. 

Beberapa catatan penting:

Semua gambar, ilustrasi, elemen yang sudah kamu sertakan di file presentasi akan ikut terdownload semua, kecuali file animasi. Jadi animasinya akan berubah jadi gambar biasa.

Semua file animasi akan terunduh dengan sempurna jika kamu menyimpannya dalam bentuk gif atau video. Jadi mungkin kamu bisa mendownloadnya sendiri per slide untuk yang memiliki animasi, nanti tinggal digabung saja.

Saat kamu menggunakan akun Canva gratis, kamu akan diminta bayar apabila ingin mengunduh file PPT yang terdapat elemen serta gambar pro di dalamnya. Jadi, gunakanlah elemen dan gambar yang versi gratis juga. Kadang di sinilah yang membuat agak lama, karena banyak sekali elemen serta gambar bagus, ternyata itu adalah fasilitas untuk akun Canva Pro.

Tenang, tak perlu risau. Kamu bisa kok mendapatkan Akun Canva Pro dengan harga yang terjangkau, legal, dan aman jangka panjang. Tidak perlu ribet ganti tim setiap bulan. Yuk segera upgrade aja dari Canva gratis ke Canva Pro Premium.

Klik di sini aja ya : Jual Akun Canva Pro Premiun 1 Tahun

Posting Komentar untuk "Simpel, Begini Cara Menyimpan Slide PPT di Canva Agar Tampilan Tidak Berubah"