Bagaimana Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP Online dan Offline?

Ketika kamu sudah resmi menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka kamu akan mendapatkan kartu tanda bukti kepesertaan BPJS yang sekaligus berfungsi sebagai kartu identitas peserta BPJS.

Simpanlah kartu tersebut dengan baik, jangan sampai hilang atau rusak. Sebab untuk menggunakan hak layanan BPJS, kamu harus menunjukkan kartu tersebut terlebih dahulu.

Salah satu hal penting pada kartu tersebut adalah nomor BPJS atau nomor virtual account dari peserta. Nomor ini berfungsi sebagai nomor virtual account untuk pembayaran setiap bulannya. Selain itu, nomor tersebut juga bisa kamu gunakan untuk mengecek tagihan serta mengecek informasi lain yang terkait dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Jika kamu lupa kombinasi nomornya, kamu tinggal melihat kembali nomor yang tertera pada kartu anggota tersebut. Namun, jika karena sesuatu hal kartu tersebut rusak atau hilang, bagaimana cara agar bisa tahu nomor BPJSnya?

Inilah pertanyaan yang seringkali muncul di masyarakat. Banyak yang masih bingung untuk mengecek nomor BPJS ketika kartu fisiknya sedang tidak terbawa, hilang atau bahkan rusak.

Tenang saja, kamu tidak perlu khawatir akan hal seperti ini. Sebab ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek nomor nomor BPJS dengan cara yang cukup mudah. Syaratnya kamu hanya butuh untuk menyiapkan NIK atau KTP saja. Berikut ini adalah beberapa cara alternatif yang bisa kamu lakukan.

Cek via Website

Untuk cek nomor BPJS Ketenagakerjaan via website, kamu cukup mengunjungi laman situs sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Setelah itu ikuti saja langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka situsnya, lalu masukkan alamat email serta password yang yang digunakan untuk mendaftar.
  2. Jika kamu belum mempunyai akun, maka kamu bisa pilih opsi “Buat Akun Baru”.
  3. Setelah itu centang opsi “Saya bukan robot”, lanjut klik Login.
  4. Setelah kamu berhasil masuk ke halaman dashboard website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id, klik saja menu “Kartu Digital”
  5. Maka akan muncul kartu BPJS kamu dalam bentuk digital
  6. Pada kartu tersebut sudah tertera nomor BPJS Ketenagakerjaan yang kamu miliki.
  7. Selesai

Cek via Aplikasi JMO

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan adalah melalui aplikasi JMO. Kamu bisa mengunduhnya di Play Store lalu mendaftar  terlebih dahulu di dalam aplikasi ini.

Jadi, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah terdaftar di aplikasi ini. Sebab, jika belum terdaftar, maka tidak akan bisa mengecek nomor BPJSnya, sebab untuk mendaftar di aplikasi ini, dibutuhkan nomor BPJS Ketenagakerjaan.

Maka, pastikan bahwa setelah kamu resmi menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, segeralah mendaftar di aplikasi JMO agar kamu tidak kesulitan di kemudian hari.

Berikut ini adalah cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan via aplikasi JMO:

  1. Bukalah aplikasi JMO yang sudah terinstall di smartphone.
  2. Silakan login menggunakan alamat email dan password yang kamu miliki.
  3. Pilih opsi “Profil Saya” yang ada di halaman utama.
  4. Setelah itu, klik aja menu “Kartu Digital Anda”
  5. Tunggu sejenak, maka kartu BPJS Ketenagakerjaan versi digital milikmu akan muncul. Kamu bisa memperbesarnya jika diperlukan.
  6. Kartu yang tampil tersebut, sudah lengkap berisi data kepesertaan, termasuk di dalamnya ada nomor BPJS Ketenagakerjaan milikmu.

Cek via Call Center

Alternatif lain yang bisa lakukan untuk cek nomor BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan menghubungi langsung cal center BPJS Ketenagakerjaan.Kamu bisa menghubungi call center resmi pada jam kantor via telepon dengan nomor kontak 175.

Selain via telepon, kamu juga bisa langsung menghubungi melalui email resmi BPJS Ketenagakerjaan di care@bpjsketenagakerjaan.go.id.

Cek via Kantor Cabang Terdekat

Opsi terakhir yang bisa kamu tempuh adalah dengan cara mendatangi langsung kantor cabanga BPJS Ketenagakerjaan yang ada di wilayah setempat. Cukup siapkan berkas berupa KTP atau NIK sebagai syarat untuk bisa melakukan pengecekan nomor BOJS Ketenagakerjaan.

Bagaimana? Cukup simpel serta mudah bukan? Selain itu juga banyak alternatif cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan. Kamu bisa memilih dari sekian cara tersebut, mana cara yang paling mudah serta memungkinkan untuk segera dilakukan.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP Online dan Offline?"