Jangan Kaget, Tampilan Whatsapp Berubah Lagi, Ada Menu Baru di Kiri Atas. Untuk Apa?

Setiap hari, aplikasi chating ini memang selalu menampilkan berbagai macam inovasi tiada henti. Fitur-fitur barunya selalu muncul untuk mengikuti perkembangan zaman yang dibutuhkan oleh para penggunanya.

Nah, kini tampilan Whatsapp berubah lagi. Ada tambahan menu-menu baru yang semakin memudahkan pengguna untuk memaksimalkan aplikasi chating ini. Ada sedikit perubahan pada tampilan berandanya. Memang tidak begitu signifikan, akan tetapi hal ini cukup menjadi perhatian.

Jika kamu sudah mengupdate dengan aplikasi Whatsapp yang terbaru, maka kamu akan mendapati ada menu baru di kiri atas. Menu ini sebelumnya terpasang ikon kamera.

Menu baru ini berbentuk seperti gambar tiga karakter orang. Tak hanya muncul di versi mobile saja, namun kamu juga akan mendapati menu ini tampak di versi desktop.

Menu baru inilah yang saat ini mendapat perhatian banyak orang. Fitur ini adalah fitur Komunitas. Lantas apa fungsinya?

Komunitas merupakan fitur baru yang dihadirkan oleh Whatsapp untuk menghubungkan beberapa grup WA yang saling berkaitan di dalam satu grup yang lebih besar. MIsalnya, beberapa grup orang tua wali masing-masing yang bisa dijadikan ke dalam satu grup besar dalam lingkup satu sekolah. Bahkan grup ini bisa juga ditambahkan dengan grup para karyawan, guru dan lain-lain. Inilah yang disebut dengan Komunitas.

Atau lebih mudahnya, Komunitas itu fitur yang hampir sama dengan fitur Channel yang ada di Telegram. Admin memiliki kendali yang cukup besar di sini. Admin memiliki akses untuk memberikan informasi ke semua anggota grup yang tergabung dalam komunitas tersebut secara personal.

Tak hanya itu, admin juga memiliki kewenangan untuk menambahkan grup ataupun menambahkan anggota ke dalam Komunitas. Admin juga bisa menambahkan member Komunitas sebagai admin tambahan, layaknya grup WA yang sudah kita kenal sebelumnya.

Fitur yang cukup menarik bukan? Tertarik untuk mencoba fitur baru ini?

Bagaimana Cara Membuat Komunitas Whatsapp?

Jika kamu tertarik dengan fitur baru ini, tidak perlu pusing. Sebab cara membuatnya juga sangat mudah, kurang lebih sama ketika kamu hendak membuat grup baru, hanya saja ada beberapa perbedaan sedikit. Berikut step by stepnya:

  1. Bukalah aplikasi Whatsapp yang sudah terinstal
  2. Carilah ikon “Komunitas” yang ada di pojok kiri atas layar smartphone
  3. Klik buat Komunitas Baru
  4. Berikan informasi yang jelas, seperti nama, deskripsi singkat serta foto profil sesuai selera
  5. Lalu klik anak panah yang ada di bawah
  6. Lalu tambahan beberapa grup yang sudah ada sesuai dengan kebutuhan, agar penghuni grup tersebut menjadi member dari komunitas yang kamu buat. Maksimal grup yang bisa ditambahkan adalah 50 grup.
  7. Alternatif lain, kamu juga bisa membuat grup baru untuk menambahkan grup WA yang tadinya belum terbentuk. Grup yang sudah ditambahkan ke Komunitas, tidak bisa ditambahkan kembali.
  8. Jika sudah cukup, tinggal klik tanda centang yang terletak di pojok kanan bawah layar smartphone.

Dengan adanya fitur Komunitas ini, admin bisa memberikan pengumuman atau informasi secara serentak kepada semua anggota grup yang sudah menjadi bagian dari Komunitas. Fitur yang cukup praktis dan efektif tanpa harus mengirim chat secara personal ke masing-masing anggota grup. 


Posting Komentar untuk "Jangan Kaget, Tampilan Whatsapp Berubah Lagi, Ada Menu Baru di Kiri Atas. Untuk Apa?"