Apakah File Msgstore WhatsApp Boleh Dihapus?

Buat para pengguna WhatsApp, sudah tahu belum jika di dalam penyimpanan database WhatsApp itu ada file dengan ukuran besar yang memiliki nama “Msgstore”

Apa sih sebenarnya file Msgstore ini? Kok ukurannya besar sekali, bahkan seringkali menjadi faktor utama yang menyedot kapasitas penyimpanan smartphone. Lalu, bolehkan file ini dihapus agar storage hp menjadi lebih lega?

File Msgstore WhatsApp ini biasanya memiliki ukuran yang cukup besar, mulai dari puluhan sampai ratusan MB. Besaran itu tergantung dari banyak atau tidaknya riwayat chat dari pengguna.

Selain itu, file Msgstore ini biasanya hadir dalam beberapa jenis file. Tentunya hal ini secara otomatis akan memakan semakin banyak memori penyimpanan yang ada pada ponsel. 

Lalu, apa sih file Msgstore itu? Fungsinya untuk apa pada aplikasi WhatsApp? Lalu, apakah file ini penting atau tidak? Bolehkan dihapus jika memang sudah terlalu banyak memakan ruang penyimpanan ponsel? Berbahaya atau tidak jika dihapus?

Mari kita kupas tuntas satu per satu ya

Apa itu File Msgstore di WhatsApp?

Banyak sumber mengatakan bahwa, file Msgstore merupakan file cadangan yang berfungsi untuk menyimpan semua riwayat yang pernah dilakukan oleh pengguna.

File ini sudah dilengkapi dengan enkripsi oleh pihak WhatsApp, sehingga bisa meminimalisir terjadinya pencurian data. Oknum yang tidak memiliki akses, tidak akan bisa membuka serta melihat isinya dengan bebas.

Secara umum, file Msgstore ini memiliki nama lengkap “msgstore.db.crypt14”. File inilah yang memiliki peran utama untuk menyimpan semua history chatting yang sudah pernah dilakukan.

Perlu diketahui bahwa file ini bentuknya adalah database, ekstensinya bisa bermacam-macam, misalnya crypt14, crypt13 dan lain sebagainya. Enkripsi ini merupakan jenis enkripsi terbaru yang dipakai oleh WhatsApp untuk mengunci data tersebut, agar tetap aman.

Ada Berapa Jenis File Msgstore?

Salah satu hal membuat ukuran file Msgstore ini cukup besar, karena biasanya file ini tidaklah sendirian, seringkali ditemani oleh file Msgstore yang lain dengan nama yang berbeda, hanya saja tetap ada unsur nama “msgstore”-nya.

Misalnya sebuah file bisa bernama “msgstore-2022-12-07.1.db.crypt14”, dengan adanya penambahan informasi waktu (timestamp) di tengah nama file dengan format YYYYMMDD yang merupakan informasi kapan file tersebut dibuat.

Format tersebut menjadi tanda bahwa file tersebut adalah backup dari semua chat di aplikasi WhatsApp pada tanggal 07 Desember 2022.

File ini otomatis terbentuk oleh sistem beserta dengan informasi timestampnya setiap hari sekitar pukul 02.00 dini hari sesuai dengan waktu lokal.

Berdasarkan informasi yang beredar, file Msgstore ini akan bertahan selama kurang lebih tujuh hari, dan setelah itu akan dihapus otomatis oleh sistem untuk menghemat ruang penyimpanan.

Adapun untuk file Msgstore yang tidak terdapat info timestamp di namanya, misalkan file “msgstore.db.crypt14”, maka ia akan tetap berada di dalam sistem.

File tersebut akan menyimpan semua riwayat percakapan di WhatsApp yang mana ketika sudah menjelang jam 02.00 dini hari, file tersebut akan diubah menjadi file Msgstore yang disertai dengan info timestamp.

Apakah File Msgstore WhatsApp Boleh Dihapus?

Sesuai dengan informasi yang sudah dipaparkan di atas, maka kemungkinan besar file Msgstore ini akan memenuhi ruang penyimpanan internal smartphone. Maka pasti akan muncul pertanyaan, apakah file Msgstore ini bisa serta aman untuk dihapus? Jawabannya ya jelas bisa dihapus, namun terkait keamanan, bisa jadi aman, dan bisa jadi tidak aman.

Aman ketika pengguna hanya menghapus file Msgstore yang memiliki timestamp saja. Sebab, file tersebut menyimpan semua riwayat percakapan yang sudah berlalu, bukan percakapan terbaru hari ini.

Selain itu, kemungkinan besar file lama tersebut sudah otomatis diunggah ke internet untuk backup riwayat percakapan dari yang terlama hingga yang terbaru.

Cara backup riwayat chat ke internet, bisa dibaca artikel ini Mudah, Begini Cara Backup dan Restore Data Whatsapp di Google Drive

Jadi, sebaiknya kamu berhati-hati saat menghapus file Msgstore. Jangan sampai kamu menghapus file utama dengan nama “msgstore.db.crypt14” yang merupakan file utama yang menyimpan riwayat percakapan hari ini yang belum terbackup.

Jika file ini terhapus, maka riwayat chat WhatsApp yang masuk pada hari itu ada kemungkinan akan hilang serta tidak bisa dipulihkan kembali.

Bagaimana Cara Menghapus File Msgstore WhatsApp?

Untuk menghapus file Msgstore yang disertai dengan timestamp, kamu bisa melakukan langkah-langkah yang sangat mudah via aplikasi pengelola file (File Manager). Salah satu aplikasi yang bisa membantu kamu adalah aplikasi yang bernama Files by Google. Ikuti langkahnya sebagai berikut:

  1. Bukalah aplikasi File Manager atau aplikasi Files by Google
  2. Carilah menu “Internal Storage” atau “Penyimpanan Internal”
  3. Carilah dan akses folder dengan nama “Android” > “Media” > “com.whatsapp” > “WhatsApp” > “Databases”
  4. Di sini kamu bisa menghapus semua file Msgstore yang diikuti dengan timestamp sesuai dengan kebutuhan.

Ingat, jangan sampai salah hapus ya. Jangan sampai kamu menghapus file Msgstore yang tidak disertai dengan informasi timestamp.

File ini akan sangat berguna di kemudian hari ketika kamu harus menginstal ulang WhatsApp di ponsel yang berbeda dengan nomor dan alamat email yang sama. Jika sudah tersimpan di Google Drive, maka data ini bisa dimunculkan kapan saja.

Posting Komentar untuk "Apakah File Msgstore WhatsApp Boleh Dihapus?"