Belajar Tahsin Tilawah Bersanad Online via Whatsapp atau Media Online Lainnya

Belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar? Atau malah belum bisa sama sekali membaca huruf hijaiyah? Tak perlu malu, karena semua orang punya masalahnya masing-masing.

Jika kita sudah paham dengan masalah yang kita hadapi, namun tidak ada waktu untuk belajar tahsin secara offline, maka kamu bisa memilih cara belajar tahsin tilawah via online, baik itu melalui whatsapp, zoom, gmeet atau media online yang lainnya.

Zaman sudah semakin berkembang, kamu bisa belajar tahsin dari mana saja menggunakan media apa saja. Walau sangat fleksibel, kamu tidak boleh mencukupkan belajar tahsin hanya lewat video-video online yang ada di YouTube.

Walau kamu belaajr tahsinnya online, pastikan ada guru yang siap membimbing kamu agar kamu bisa lebih memahami serta bisa memastikan bahwa setiap huruf yang kamu ucapkan itu sudah benar secara makhraj dan juga sifatnya.

Apa saja yang akan dipelajari dalam program belajar tahsin tilawah bersanad online ?

Pembelajarannya Insyaa Allah lengkap sangat lengkap, yang meliputi beberapa poin berikut ini:

  1. Mempelajari tempat-tempat keluarnya setiap huruf hijaiyah
  2. Mempelajari sifat-sifat yang menyertai setiap huruf hijaiyah
  3. Melatih konsisten untuk bacaan panjang dan pendek
  4. Melatih konsisten dalam mengucapkan huruf-huruf ghunnah beserta dengan kaidah-kaidahnya
  5. Memahami huruf-huruf yang harus dibaca tebal dan tipis
  6. Memahami kaidah-kaidah hukum tajwid beserta dengan kekhususannya
  7. Memahami ayat-ayat Gharib atau ayat-ayat yang cara membacanya masih terasa asing atau yang tidak sesuai dengan kaidah tajwid secara umum.
  8. Memahami kaidah-kaidah cara berhenti dan cara memulai yang tepat agar tidak terjadi perubahan makna ketika sedang tilawah quran.
  9. Dan ilmu pendukung yg lainnya

Tentunya tidak hanya berhenti pada materi saja, sebab ilmu tajwid itu adalah ilmu bunyi, ilmu pelafalan, bukan sekedar ilmu teori saja.

Maka dari itu, di dalam kelas bimbingan tahsin ini, tidak hanya diajarkan teori saja, namun juga diajarkan praktek tahsin tilawah quran juga, dengan porsi 50 : 50, dengan begitu setiap peserta akan memahami teorinya dan juga memahami bagaimana cara prakteknya.

Setiap peserta akan diberikan kesempatan untuk latihan praktek, maka dari itu peserta tiap kelas hanya dibatasi maksimal 10-15 peserta saja. Jika peminat setiap kelasnya, lebih dari 15 peserta, maka akan dibuatkan kelas yang baru dengan jadwal yang baru. 

Butuh waktu berapa lama sampai tuntas pembahasannya?

Setiap kelas, berdasar pengalaman kami selama ini, akan selesai kurang lebih dalam waktu 5-6 bulan. Setelah itu bisa fokus untuk talaqqi atau praktek memperbaiki bacaan dr surat Al-Fatihah hingga An-Nas, sambil mengupgrade ilmu-ilmu quran lanjutan, sebab program di atas sebenarnya adalah masih ilmu tajwid tingkat dasar. 

Tertarik ingin belajar tahsn bersanad? Yuk segera daftar aja di Kelas Tahsin Online Rumah Quran Sulaiman.

Posting Komentar untuk "Belajar Tahsin Tilawah Bersanad Online via Whatsapp atau Media Online Lainnya"